Selasa, 14 Maret 2017

Terungkap sudah rahasia isi sandwich box di GP17 Ducati

Hallo Brosis sekalian jumpa lagi dengan saya , brosis yang mengamati motogp terutama ducati pasti tahu kotakan yang ada di buntut ducati gp17. Kotakan yang disebut sandwich box ini memang dirahasiakan oleh ducati dari mulai awal peluncuran gp17.



Piranti ini memang membuat banyak khalayak kepo , opo to isi kotak sandwich itu , makan siang kah ?? Udu lah..... Apalagi regulasi 2017 mengharuskan pabrikan menanggalkan winglet , yang mana sebagai pelopor sayap kecil ini , ducati memang banyak bergantung pada peranti winglet untuk memberi gaya downforce atau anti whellie GP16 yang tahun . Memang karena ducati mempunyai tenaga yang besar sehingga memerlukan winglet , dilalah langkah ducati ini juga diikuti rival rivalnya ...

Nah banyak yang menduga kalau peranti sandwich ini juga sebagai alat canggih pengganti winglet untuk memberikat gaya downforce ,, Tapi itu salah , nyatanya ducati masih menggunakan winglet yang didesain sedemikian rupa pada desain terbarunya. Artinya untuk mendapatkan gaya downforce ducati masih mengandalkan aliran udara , dari sini terbantahkan jika fungsi sandwich box sebagai pengganti winglet untuk menambah gaya downforce.

Lalu apa fungsi sanwich box tersebut jika downforce masih dipercayakan oleh winglet . Yap tepat sekali , karena ducati mendesain winglet baru yang menyatu dengan fairing depannya , maka pada ruang kepala GP17 berkurang untuk aliran udara . Hal ini memaksa perangkat elektronik yang ada dibagian tersebut harus dipindahkan . Karena bagian body tengah sudah padat dengan mesin , serta untuk memudahkan setup elektronik motor , mau tidak mau elektronik di pindah ke bagian belakang motor.

Nah sudah jelas kan brosis apa isi sebenarnya dari sandwich box Ducati GP17 , .. Isinya perangkat elektronik lho ya , bukan bekal makan siang pembalap. Hehehe


Tidak ada komentar:
Write komentar